FinSpy, Malware Jahat Yang Bisa Memantau Data WhatsApp Anda


Waspada FinSpy - Malware ini sedang ramai menjadi perbincangan para pakar IT. malware ini berbahaya karena menyerang perangkat IOS dan Android. parahnya jika smartphone  anda terserang malware ini. aktifitas percakapan di smartphone anda akan terpantau. termasuk yang sudah  dienkripsi.
FinSpy merupakan software yang mempunyai rekam jejak untuk mencuri informasi dari LSM internasional,pemerintah,dan organisasi penegak hukum di dunia.

Operatornya bisa menyesuaikan implan FinSpy yang berbahaya kepada target yang di tuju. malware ini berfungsi untuk memantau geolokasi pesan masuk maupun keluar,kontak,media yang tersedia pada perangkat. bahkan pada layanan pesan seperti WhatsApp, Facebook Messenger, atau Viber. data yang sudah diekstrak akan ditransfer kepada para penyerang melalui pesan SMS atau protokol HTTP.

Versi barunya malware  ini juga bisa mengawasi berbagai aplikasi pesan seperti Telegram,Signal,dan Threema. FinSpy sangat mahir untuk menutupi jejaknya.

Contohnya malware IOS yang menargetkan iOS 11 maupun versi yang lebih lama,sekarang bisa menyembunyikan tanda-tanda jailbreak.sementara pada Android  berisikan eksploit yang akan mendapatkan hak akses root, termasuk untuk mengakses seluruh file di perangkat yang tidak di unroot.

Menyerang Perangkat Yang Di Jailbreak atau Root

Untuk menginfeksi perangkat Android dan iOS, penyerang akan memerlukan akses fisik ke smartphone atau perangkat yang sudah di jailbreak/root sebelumnya. untuk smartphone yang sudah di jailbeak/root. ada tiga kemungkinan faktor infeksi, yaitu pesan SMS, email, atau push notification.

Berdasarkan informasi yang ada, sudah banyak perangka seluler yang telah terinfeksi setahun terakhir ini. para pengembang FinSpy terus memantau pembaruan keamanan pada platform seluler dan akan memperbarui program berbahaya agar mereka tidak di blokir. FinSpy juga mengikuti tren dan mengimplementasi fungsionalitas dari alikasi yang sedang ramai. seberapapun perangkat terlindung, apabila sudah pernah di root aktifitas mata mata akan sangat mungkin terjadi.

Cara Untuk Menghindari FinSpy
  1. Jangan biarkan smartphone anda tidak terkunci dan pastikan tidak akan ada yang mengetahui kode pin perangkat anda
  2. Jangan melakukan root pada perangkat anda karena itu akan membuat serangan pelaku siber akan lebih mudah.
  3. Pastikan anda untuk menginstal aplikasi dari toko resmi seperti Google Play atau App Store
  4. Jangan ikuti tautan-tautan yang anda anggap itu mencurigakan
  5. lakukan pemblokiran instalasi program dari sumber yang tidak dikenal  di smartphone anda.
  6. Jangan ungkap kata sandi smartphone anda pada siapapun.
  7. Jangan menyimpan file atau aplikasi yang tidak dikenal dalam peranggkat anda
  8. Pakailah solusi keamanan terbaik untuk smartphone anda 
Nah itulah sedikit informasi tentang Bahaya FinSpy yang bisa admin bagikan pada anda.
Disclaimer : Gambar dan vidio artikel yang ada pada website ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini. Anda dapat menghubungi kami disini.

Comments